Senin, 27 Mei 2013

ASKEP Apendisitis



KATA PENGANTAR

Puji syukur kami panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa atas segala rahmat dan berkatNya yang telah diberikan kepada kami sehingga kami dapat menyelesaikan makalah ini dengan judul “Asuhan keperawatan pada pasien dengan apendisitis” .
Kami dapat menyelesaikan makalah ini karena adanya bantuan dari berbagai pihak yang telah memberikan dukungan dan bimbingan kepda kami.
Dalam pembuatan makalah ini kami menyadari masih banyak kekurangan, sehingga kami sangat mengharapkan kritik dan saran dari pembaca yang dapat membangun sehingga makalah ini menjadi lebih baik dan dapat bermanfaat bagi  kita semua.

Manado, 3 Mei 2013

       Tim penulis








DAFTAR ISI

BAB I. 3
PENDAHULUAN.. 3
A.     Latar Belakang. 3
B.     Tujuan penulisan. 4
C.     Manfaat penulisan. 4
D.     Sistematika penulisan. 4
BAB II. 5
TINJAUAN PUSTAKA.. 5
A.     Pengertian. 5
B.     Klasifikasi 5
C.     Etiologi 6
D.     Anatomi fisiologi 7
E.      Patofisiologi 8
E.      Manifestasi klinis. 9
F.      Pemeriksaan penunjang. 10
G.     Penatalaksaan. 11
H.     Prognosis. 11
I.       Pathway. 12
BAB III. 13
PENUTUP. 13
A.     Kesimpulan. 13
B.     Saran. 13

 


BAB I

PENDAHULUAN

A.     Latar Belakang

Apendiks merupakan organ berbentuk tabung, panjangnya kira-kira 10 cm (kisaran 3-15 cm), dan berpangkal di sekum. Lumennya sempit di bagian proksimal dan melebar di bagian distal. Namun demikian, pada bayi, apendiks berbentuk berbentuk kerucut, lebar pada pangkalnya dan menyempit ke arah ujungnya. Keadaan ini mungkin menjadi sebab rendahnya insiden apendisitis pada usia itu.
Apendisitis adalah suatu radang yang timbul secara mendadak pada apendiks dan merupakan salah satu kasus akut abdomen yang paling sering ditemui. Apendiks disebut juga umbai cacing. Apendisitis sering disalah artikan dengan istilah usus buntu, karena usus buntu sebenarnya adalah caecum. Apendisitis akut merupakan radang bakteri yang dicetuskan berbagai faktor. Diantaranya hyperplasia jaringan limfe, fekalith, tumor apendiks dan cacing ascaris dapat juga menimbulkan penyumbatan. Apendisitis kronik disebabkan fibrosis menyeluruh dinding apendiks, adanya jaringan parut dan ulkus lama di mukosa, dan infiltrasi sel inflamasi kronik.
Insiden apendisitis akut lebih tinggi pada negara maju daripada Negara berkembang. Namun dalam tiga sampai empat dasawarsa terakhir menurun secara bermakna, yaitu 100 kasus tiap 100.000 populasi menjadi 52 tiap 100.000 populasi. Kejadian ini mungkin disebabkan perubahan pola makan, yaitu negara berkembang berubah menjadi makanan kurang serat. Menurut data epidemologi apendisitis akut jarang terjadi pada balita, meningkat pada pubertas, dan mencapai puncaknya pada saat remaja dan awal 20-an, sedangkan angka ini menurun pada menjelang dewasa. Insiden apendisitis sama banyaknya antara wanita dan laki-laki pada masa prapuber, sedangkan pada masa remaja dan dewasa muda rationya menjadi 3:2, kemudian angka yang tinggi ini menurun pada pria.


B.     Tujuan penulisan

1.      Tujuan Umum
Tujuan umum dari pembuatan makalah ini adalah diperoleh gambaran secara teoritis dalam merawat pasien dengan apendisitis.
2.      Tujuan Khusus
Tujuan khusus dari pembuatan makalah ini adalah:
a.       Mampu menguasai konsep teori penyakit apendisitis.
b.      Mampu mengidentifikasi data-data yang perlu dikaji pada klien dengan apendisitis.
c.       Mampu mengidentifikasi masalah keperawatan yang muncul pada klien dengan apendisitis.
d.      Mampu menyusun rencana tindakan keperawatan klien dengan apendisitis.
e.       Mampu melaksanakan tindakan keperawatan pada klien dengan apendisitis.
f.       Mampu melakukan evaluasi atas tindakan yang telah dilakukan apendisitis.
g.      Mampu mendokumentasikan asuhan keperawatan klien dengan apendisitis.

C.     Manfaat penulisan

Ø  Bagi Mahasiswa
Sebagai informasi dasar untuk mengenal penyakit apendisitis
Ø  Bagi Masyarakat
Untuk menambah wawasan dan pengetahuan masyarakat tentang penyakit apendisitis

D.     Sistematika penulisan

Pada Bab I dalam makalah ini dibahas tentang latar belakang, tujuan, manfaat serta sistematika penulisan dari makalah ini. Dalam  Bab II mengenai isi dari materi yang dibahas. Dan Bab III didalamnya terdapat kesimpulan dan saran.


BAB II

TINJAUAN PUSTAKA

A.     Pengertian

Apendiks adalah organ tambahan kecil yang menyerupai jari, melekat pada sekum tepat dibawah katup ileocecal (Brunner dan Sudarth, 2002).
Appendisitis adalah suatu peradangan pada appendiks yang berbentuk cacing, yang berlokasi dekat katup ileocecal (Long, Barbara C, 1996).
Apendisitis adalah peradangan dari appendiks vermiformis, dan merupakan penyebab abdomen akut yang paling sering (Arif Mansjoer dkk, 2000).
Apendisitis adalah kondisi dimana infeksi terjadi di umbai cacing. Dalam kasus ringan dapat sembuh tanpa perawatan, tetapi banyak kasus memerlukan laparotomi dengan penyingkiran umbai cacing yang terinfeksi. Bila tidak terawat, angka kematian cukup tinggi, dikarenakan oleh peritonitis dan shock ketika umbai cacing yang terinfeksi hancur (Anonim, 2007).

B.     Klasifikasi

Apendisitis terbagi menjadi 2, yaitu:
1. Apendisitis akut, dibagi atas:
a.       Apendisitis akut fokalis atau segmentalis, yaitu setelah sembuh akan timbul striktur lokal.
b.      Appendisitis purulenta difusi, yaitu sudah bertumpuk nanah.
2. Apendisitis kronis, dibagi atas:
a.       Apendisitis kronis fokalis atau parsial, yaitu setelah sembuh akan timbul striktur lokal.
b.      Apendisitis kronis obliteritiva, yaitu appendiks miring, biasanya ditemukan pada usia tua.

C.     Etiologi

Apendisitis akut dapat disebabkan oleh beberapa sebab terjadinya proses radang bakteria yang dicetuskan oleh beberapa faktor pencetus diantaranya hiperplasia jaringan limfe, fekalith, tumor apendiks, dan cacing askaris yang menyumbat. Ulserasi mukosa merupakan tahap awal dari kebanyakan penyakit ini. Namun ada beberapa faktor yang mempermudah terjadinya radang apendiks, diantaranya:
a.       Faktor sumbatan
Faktor obstruksi merupakan faktor terpenting terjadinya apendisitis (90%) yang diikuti oleh infeksi. Sekitar 60% obstruksi disebabkan oleh hiperplasia jaringan limfoid sub mukosa, 35% karena stasis fekal, 4% karena benda asing dan sebab lainnya 1% diantaranya sumbatan oleh parasit dan cacing. Obsrtruksi yang disebabkan oleh fekalith dapat ditemui pada bermacam-macam apendisitis akut diantaranya; fekalith ditemukan 40% pada kasus apendisitis kasus sederhana, 65% pada kasus apendisitis akut ganggrenosa tanpa ruptur dan 90% pada kasus apendisitis akut dengan ruptur.
b.      Faktor Bakteri
Infeksi enterogen merupakan faktor patogenesis primer pada apendisitis akut. Adanya fekolith dalam lumen apendiks yang telah terinfeksi memperburuk dan memperberat infeksi, karena terjadi peningkatan stagnasi feses dalam lumen apendiks, pada kultur didapatkan terbanyak ditemukan adalah kombinasi antara Bacteriodes fragililis dan E.coli, lalu Splanchicus, lacto-bacilus, Pseudomonas, Bacteriodes splanicus. Sedangkan kuman yang menyebabkan perforasi adalah kuman anaerob sebesar 96% dan aerob<10 span="">
c.       Kecenderungan familiar
Hal ini dihubungkan dengan tedapatnya malformasi yang herediter dari organ, apendiks yang terlalu panjang, vaskularisasi yang tidak baik dan letaknya yang mudah terjadi apendisitis. Hal ini juga dihubungkan dengan kebiasaan makanan dalam keluarga terutama dengan diet rendah serat dapat memudahkan terjadinya fekalith dan mengakibatkan obstruksi lumen.


d.      Faktor ras dan diet
Faktor ras berhubungan dengan kebiasaan dan pola makanan sehari-hari. Bangsa kulit putih yang dulunya pola makan rendah serat mempunyai risiko lebih tinggi dari Negara yang pola makannya banyak serat. Namun saat sekarang, kejadiannya terbalik. Bangsa kulit putih telah merubah pola makan mereka ke pola makan tinggi serat. Justru Negara berkembang yang dulunya memiliki tinggi serat kini beralih ke pola makan rendah serat, memiliki risiko apendisitis yang lebih tinggi.
e.       Faktor infeksi saluran pernapasan
Setelah mendapat penyakit saluran pernapasan akut terutama epidemi influenza dan pneumonitis, jumlah kasus apendisitis ini meningkat. Namun, hati-hati karena penyakit infeksi saluran pernapasan dapat menimbulkan seperti gejala permulaan apendisitis

D.     Anatomi fisiologi

Usus buntu dalam bahasa latin disebut sebagai Appendix vermiformis. Appendiks terletak di ujung sakrum kira-kira 2 cm di bawah anterior ileo saekum, bermuara di bagian posterior dan medial dari saekum. Pada pertemuan ketiga taenia yaitu: taenia anterior, medial dan posterior. Secara klinik appendiks terletak pada daerah Mc. Burney yaitu daerah 1/3 tengah garis yang menghubungkan sias kanan dengan pusat. Posisi apendiks berada pada Laterosekal yaitu di lateral kolon asendens. Di daerah inguinal: membelok ke arah di dinding abdomen (Harnawatiaj,2008). Walaupun lokasi apendiks selalu tetap, lokasi ujung umbai cacing bisa di retrocaecal atau di pinggang (pelvis) yang jelas tetap terletak di peritoneum.
Ukuran panjang apendiks rata-rata 6 – 9 cm. Lebar 0,3 – 0,7 cm. Isi 0,1 cc, cairan bersifat basa mengandung amilase dan musin. Pada kasus apendisitis, apendiks dapat terletak intraperitoneal atau retroperitoneal. Apendiks disarafi oleh saraf parasimpatis (berasal dari cabang nervus vagus) dan simpatis (berasal dari nervus thorakalis X). Hal ini mengakibatkan nyeri pada apendisitis berawal dari sekitar umbilicus (Nasution,2010).
Saat ini diketahui bahwa fungsi apendiks adalah sebagai organ imunologik dan secara aktif berperan dalam sekresi immunoglobulin (suatu kekebalan tubuh) dimana memiliki/berisi kelenjar limfoid. Apendiks menghasilkan suatu imunoglobulin sekretoar yang dihasilkan oleh GALT (Gut Associated Lymphoid Tissue), yaitu Ig A. Imunoglobulin ini sangat efektif sebagai perlindungan terhadap infeksi, tetapi jumlah Ig A yang dihasilkan oleh apendiks sangat sedikit bila dibandingkan dengan jumlah Ig A yang dihasilkan oleh organ saluran cerna yang lain. Jadi pengangkatan apendiks tidak akan mempengaruhi sistem imun tubuh, khususnya saluran cerna (Nasution,2010).

E.     Patofisiologi

Jika sekresi mukus terus berlanjut, tekanan intralumen akan terus meningkat. Hal ini akan menyebabkan terjadinya obstruksi vena, edema bertambah, dan bakteri akan menembus dinding apendiks. Peradangan yang timbul pun semakin meluas dan mengenai peritoneum setempat, sehingga menimbulkan nyeri di daerah perut kanan bawah. Keadaan ini disebut dengan apendisitis supuratif akut (Faradillah 2009).
Bila kemudian aliran arteri terganggu, maka akan terjadi infark dinding apendiks yang disusul dengan terjadinya gangren. Keadaan ini disebut dengan apendisitis ganggrenosa. Jika dinding apendiks yang telah mengalami ganggren ini pecah, itu berarti apendisitis berada dalam keadaan perforasi (Faradillah 2009).





E.     Manifestasi klinis

Untuk menegakkan diagnosa pada apendisitis didasarkan atas anamnese ditambah dengan pemeriksaan laboratorium serta pemeriksaan penunjang lainnya. 3 anamnesa penting yakni:
1)      Anoreksia biasanya tanda pertama.
2)      Nyeri, permulaan nyeri timbul pada daerah sentral (viseral) lalu kemudian menjalar  ketempat appendics yang meradang (parietal). Retrosekal/nyeri punggung/pinggang. Postekal/nyeri terbuka.
3)      Diare, Muntah, demam derajat rendah, kecuali ada perforasi.

Gejala usus buntu bervariasi tergantung stadiumnya:
1)      Penyakit Radang Usus Buntu akut (mendadak)
Pada kondisi ini gejala yang ditimbulkan tubuh akan panas tinggi, Demam bisa mencapai 37,8-38,8° Celsius, mual-muntah, nyeri perut kanan bawah, buat berjalan jadi sakit sehingga agak terbongkok, namun tidak semua orang akan menunjukkan gejala seperti ini, bisa juga hanya bersifat meriang, atau mual-muntah saja.
2)      Penyakit Radang Usus Buntu kronik
Pada stadium ini gejala yang timbul sedikit mirip dengan sakit maag dimana terjadi nyeri samar (tumpul) di daerah sekitar pusar dan terkadang demam yang hilang timbul. Seringkali disertai dengan rasa mual, bahkan kadang muntah, kemudian nyeri itu akan berpindah ke perut kanan bawah dengan tanda-tanda yang khas pada apendisitis akut yaitu nyeri pd titik Mc Burney (titik tengah antara umbilicus dan Krista iliaka kanan).
Penyebaran rasa nyeri akan bergantung pada arah posisi/letak usus buntu itu sendiri terhadap usus besar, Apabila ujung usus buntu menyentuh saluran kencing ureter, nyerinya akan sama dengan sensasi nyeri kolik saluran kemih, dan mungkin ada gangguan berkemih. Bila posisi usus buntunya ke belakang, rasa nyeri muncul pada pemeriksaan tusuk dubur atau tusuk vagina. Pada posisi usus buntu yang lain, rasa nyeri mungkin tidak spesifik. (Anonim, 2008)


F.      Pemeriksaan penunjang

1. Laboratorium
Terdiri dari pemeriksaan darah lengkap dan test protein reaktif (CRP). Pada pemeriksaan darah lengkap ditemukan jumlah leukosit antara10.000-20.000/ml (leukositosis) dan neutrofil diatas 75%, sedangkan pada CRP ditemukan jumlah serum yang meningkat.
2. Pemeriksaan darah
Akan didapatkan leukositosis pada kebanyakan kasus appendisitis akut terutama pada kasus dengan komplikasi. Pada appendicular infiltrat, LED akan meningkat.
3. Pemeriksaan urine
Untuk melihat adanya eritrosit, leukosit dan bakteri di dalam urin. pemeriksaan ini sangat membantu dalam menyingkirkan diagnosis banding seperti infeksi saluran kemih atau batu ginjal yang mempunyai gejala klinis yang hampir sama dengan appendisitis.
4. Radiologi
Terdiri dari pemeriksaan ultrasonografi dan CT-scan. Pada pemeriksaan ultrasonografi ditemukan bagian memanjang pada tempat yang terjadi inflamasi pada apendiks. Sedangkan pada pemeriksaan CT-scan ditemukan bagian yang menyilang dengan apendikalit serta perluasan dari apendiks yang mengalami inflamasi serta adanya pelebaran sekum.
5. Abdominal X-Ray
Digunakan untuk melihat adanya fecalith sebagai penyebab appendisitis. pemeriksaan ini dilakukan terutama pada anak-anak.
6. USG
Bila hasil pemeriksaan fisik meragukan, dapat dilakukan pemeriksaan USG, terutama pada wanita, juga bila dicurigai adanya abses. Dengan USG dapat dipakai untuk menyingkirkan diagnosis banding seperti kehamilan ektopik, adnecitis dan sebagainya.



7. Barium enema
Suatu pemeriksaan X-Ray dengan memasukkan barium ke colon melalui anus. Pemeriksaan ini dapat menunjukkan komplikasi-komplikasi dari appendicitis pada jaringan sekitarnya dan juga untuk menyingkirkan diagnosis banding.
8. Laparoscopi
Suatu tindakan dengan menggunakan kamera fiberoptic yang dimasukkan dalam abdomen, appendix dapat divisualisasikan secara langsung.Tehnik ini dilakukan di bawah pengaruh anestesi umum. Bila pada saat melakukan tindakan ini didapatkan peradangan pada appendix maka pada saat itu juga dapat langsung dilakukan pengangkatan appendix.

G.    Penatalaksaan

Ø  Pembedahan diindikasikan bila diagnosa apendisitis telah ditegakkan
Ø  Antibiotik dan cairan IV diberikan sampai pembedahan dilakukan
Ø  Analgetik diberikan setelah diagnosa ditegakkan
Ø  Apendektomi dilakukan sesegera mungkin untuk menurunkan resiko perforasi.
Apendektomi dapat dilakukan dibawah anastesi umum atau spinal dengan insisi abdomen bawah atau dengan laparoskopi, yang merupakan metode terbaru yang sangat efektif. Konsep Asuhan Keperawatan Sebelum operasi dilakukan klien perlu dipersiapkan secara fisik maupun psikis, disamping itu juga klien perlu diberikan pengetahuan tentang peristiwa yang akan dialami setelah dioperasi dan diberikan latihan-latihan fisik (pernafasan dalam, gerakan kaki dan duduk) untuk digunakan dalam periode post operatif. Hal ini penting oleh karena banyak klien merasa cemas atau khawatir bila akan dioperasi dan juga terhadap penerimaan anastesi.


H.    Prognosis

Prognosis pada semua fase apendisitis sangat baik, tingkat mortalitas kurang dari 1%. Hal ini dikarekan diagnosis awal dan tata laksana yang di lakukan dengan baik.


I.       Pathway

Description: Pathway Appendicitis.JPG









BAB III

PENUTUP

A.     Kesimpulan

Dari pengertian diatas dapat simpulkan bahwa apendiks adalah termasuk ke dalam salah satu organ sistem pencernaan yang terletak tepat dibawah dan melekat pada sekum yang berfungsi sebagai imun. Apendisistis merupakan inflamasi akut pada apendiks yang disebabkan oleh fekalit (massa keras dari feces), tumor atau benda asing di dalam tubuh, namun ulserasi mukosa oleh parasit E.
Histolytica juga dapat menyebabkan apendisitis. Gaya hidup individu pun dapat menyebabkan terjadinya apendisitis, kebiasaan individu mengkonsumsi makanan rendah serat dapat menyebabkan konstipasi yang akan menyebabkan meningkatnya tekanan intraluminal yang berakibat timbulnya sumbatan fungsional apendiks dan meningkatnya pertumbuhan kuman flora kolon biasa dan terjadilah apendisitis.

B.     Saran

Bagi mahasiswa keperawatan diharapkan dapat  memahami konsep dasar penyakit apendisitis yang berguna bagi profesi dan orang sekitar kita.
Bagi masyarakat diharapkan dapat memanfaatkan makalah ini untuk menambah pengetahuan tentang penyakit apendisitis.

           


DAFTAR PUSTAKA
Brunner & Suddarth. 2001. Keperawatan Medikal Bedah, volume 2. Jakarta: EGC.
Chandrasoma dan Taylor. 2006. Ringkasan Patologi Anatomi, edisi 2. Jakarta: EGC.
Doenges, Marilyn E. 1999. Rencana Asuhan Keperawatan. Jakarta: EGC.
Guyton, AC dan Hall. 1997. Buku Ajar Fisiologi Kedokteran, edisi 9 . Jakarta: EGC.
Price dan Wilson. 2006. Patofisiologi Konsep Klinis Proses-Proses Penyakit, edisi 6. Jakarta: EGC.
Rothrock, J.C. (2000), Perencanaan Asuhan Keperawatan Perioperatif. Jakarta: EGC.
Sjamsuhidajat, R. & Jong, W.D. 1997. Buku Ajar Ilmu Bedah, edisi revisi. Jakarta: EGC.
Smeltzer, Suzanne C. 2001. Buku Ajar Keperawatan Medikal-Bedah, volume 2. Jakarta: EGC.
Sylvia A Price, Lorraine M. Wilson. Patofisiologi Konsep Klinis Proses-proses Penyakit, edisi 4 buku. Jakarta: EGC.


90 komentar:

  1. Saya sangat senang dengan isi artikel Anda sangat bermanfaat dan saya tunggu artikel berikutnya untuk memperbarui informasi lagi.
    Obat Sakit Maag Untuk Anak, Dewasa Dan Orang Tua Obat Maag

    BalasHapus
  2. Sangat Berguna dan sangat luar biasa. Verry Nice and good Article
    Hernia dan sangat Hernia luar biasa Hernia bermanfaat Hernia terampil dan bagus Hernia bisa sembuh loh Hernia pada anda Hernia hanya dengan 1 obat
    Semoga Bermanfaat

    BalasHapus
  3. The nice Post, and Best Author
    Obat Hipertensi Ampuh dan Aman
    From Nothing For Some Thing

    BalasHapus
  4. The nice Post, and Best Author
    Obat Difteri
    From Nothing For Some Thing

    BalasHapus
  5. The nice Post, and Best Author
    Obat Difteri
    From Nothing For Some Thing

    BalasHapus
  6. Best Article, Good Author
    Jangan Apatis dan Dayus dream and good Obat Sinusitis Paling Aman
    Thanks For Information

    BalasHapus
  7. Best post in this site and search by google
    Cara Mengobati Difteri Sembuh Total and best Cara Mengobati Difteri Secara Ampuh
    The Godd Author and Verry good Article

    BalasHapus
  8. Sangat luar biasa dan sangat baik
    Pengobatan Penyakit Ambeien Anak
    Terima Kasih, sangan bermanfaat

    BalasHapus
  9. Sangat luar biasa dan bermanfaat
    Cara Menngobati Panas Pada Anak Sesuai Saran Dokter
    Sangat bermanfaat dan luar biasa

    BalasHapus
  10. Sangat luar biasa dan bermanfaat
    Obat Demam Berdarah Pada Anak
    Sangat bermanfaat dan luar biasa

    BalasHapus
  11. Sangat luar biasa dan bermanfaat
    Obat Paru-Paru Basah Untuk Anak
    Sangat bermanfaat dan luar biasa

    BalasHapus
  12. Sangat luar biasa dan bermanfaat
    Obat TBC Pada Anak
    Sangat bermanfaat dan luar biasa

    BalasHapus
  13. Sangat luar biasa dan bermanfaat
    Cara Mengobati Ambeien / Wasir Anak Nice and Good membelikan Kedua Tangan Ketika Do'a
    Sangat bermanfaat dan luar biasa

    BalasHapus
  14. sangat membantu kami menemukan informasi, jangan lupa kunjungi pula Obat Penyakit Campak Untuk Anak untuk mendapatkan manfaat yang lainnya.

    BalasHapus
  15. sangat membantu kami menemukan informasi, jangan lupa kunjungi pula Obat Buah Zakar Besar Sebelah untuk mendapatkan manfaat yang lainnya.

    BalasHapus
  16. sangat membantu kami menemukan informasi, jangan lupa kunjungi pula Obat Tulang retak Pada Anak untuk mendapatkan manfaat yang lainnya.

    BalasHapus
  17. sangat membantu kami menemukan informasi, jangan lupa kunjungi pula Obat Hidrokel pada anak untuk mendapatkan manfaat yang lainnya.

    BalasHapus
  18. Sangat membantu dan sangat baik, jangan lupa kunjungi pula Cara Mengobati Buah Zakar

    BalasHapus
  19. Nice, Sangat bermanfaat dan sangat luar biasa. Terima Kasih atas informasi dan jangan lupa kunjungi pula Cara Mengobati Buah Zakar Bengkak

    BalasHapus
  20. Nice, Sangat bermanfaat dan sangat luar biasa. Terima Kasih atas informasi dan jangan lupa kunjungi pula website kesehatan kami tentang Cara Mengobati Buah zakar besar sebelah (Hidrokel)
    Cara Mengobati Buah Zakar Gede Sebelah dan juga
    Cara Alami Mengobati Buah Zakar Besar Sebelah dan juga
    Cara Mengatasi Buah Zakar Besar Sebelah Terima Kasih

    BalasHapus
  21. Sangat keren dan sangat membantu kami menemukan informasi terimakasih atas informasi dari postingan yang cukup luar biasa ini, jang lupa untuk mengunjungi :
    Obat Hidrokel Paling Dipercaya Para Ahli dan juga
    Download Hawari - Belahan Jiwa lalu
    Cara Herbal Mengobati Buah Zakar Thank's

    BalasHapus
  22. Sangat baik dan bagus atas informasi yang disuguhkan sangat bermanfaat, terimakasih. jangan lupa kunjungi pula
    Obat Kencing Darah Tradisional Tanpa Operasi yang sama halnya dengan
    Obat Buat Kencing Darah (Hematuria) dan juga artikel
    Jangan Merasa Paling NU terimakasih

    BalasHapus
  23. Nice Keren and bagus sekali dan sangat mencerahkan, teriamasih atas semua informasinya. Thanks yo.
    Cara Pengobatan Kencing Darah lalu jangan lupa pelajari Cara Bersedekap Dalam Shalat

    BalasHapus
  24. Sangat bagus dan sangat bermanfaat, jangan lupa kunjungi pula Cara Mengobati Campak Dengan Cepat dan juga Obat Campak Pada Bayi Secara Aman dan Cepat jangan sampai ketinggalan Obat Hernia Alami Untuk Anak
    Terima Kasih

    BalasHapus
  25. Sangat bagus dan sangat bermanfaat, jangan lupa kunjungi pula Cara Mengobati Campak Dengan Cepat dan juga Obat Campak Pada Bayi Secara Aman dan Cepat jangan sampai ketinggalan Obat Hernia Alami Untuk Anak
    Terima Kasih

    BalasHapus
  26. Sangat baik dan sangat membantu kami menemukan informasi yang bergun. jangan lupa untuk anda mencari Cara Mengobati Ambeien (Wasir) dan juga obat untuk Buah Zakar Besar Sebelah pada Anak Bayi Tanpa Operasi yang herbal dengan Cara Mengatasi Buah Zakar Membesar Sebelah hingga anda sembuh total dengn khsiat dari Cara Mengobati Buah Zakar Besar Sebelah Secara Alami
    Terimakasih

    BalasHapus
  27. Terimakasih atas informasi yang telah disa,paikan Pengobatan Alternatif Infeksi Saluran Kencing pada Anakjangan lupa pastikan bahwa anda juga mencari Cara Mengatasi Mata Belekan dan Berair pada Anakuntuk anak anda dan juga Obat untuk Mengatasi Perut Kembung pada Anak yang Amanyang sudah banyak testimoni. juga dengan Penanganan Hidrokel Paling Mujarabyang terbukti ampuh dan jangan lupa lihat Cara Herbal dan Aman Mengobati Sinusitis Tanpa Obat semoga bermanfaat
    Thanks

    BalasHapus
  28. Terima kasih atas informasi dan artikel kerennya. kami dari agen AgaricPro yang sudah terbukti ampuh mampu menyembuhkan penyakit pneumonia, akan menawarkan Obat Pneumonia Tradisional Pada Anak dan Balitadan juga Obat Pneumonia Pada Orang Dewasa dan Ibu Hamil. Terima kasih atas informasi dan juga artikelnya sehingga menambah ilmu untuk kami.
    Terima Kasih

    BalasHapus
  29. Terima Kasih atas informasi menariknya. Jangan lupa jika anak anda kena muntaber, maka carilah Cara Mengobati Muntaber Pada Anak Tradisionaldan jika terkena penyakit campak atau rubella, jangan lupa cari Cara Mengobati campak Dengan Cepat dan juga kunjungi Cara Mengobati Demam BerdarahJika anda pelajar, mahasiswa, jangan lupa kunjungi Cara Menbuat Kata Pengantar Yang Baik dan Benar Terima Kasih.
    Semoga bermanfaat.

    BalasHapus